Google Hire, Layanan Pencari Kerja Terbaru dari Google

Google Hire - layanan pencari kerja terbaru dari googleBeberapa waktu lalu, dunia digital kembali dihebohkan dengan munculnya satu layanan terbaru dari salah satu perusahaan teknologi terbesar, Google. Layanan ini dinamakan Google Hire. Google secara resmi meluncurkan layanan ini pada acara Google I/O 2017.

Baca juga : Google Resmi Meluncurkan Android Oreo 8.0

Google Hire merupakan sebuah sarana baru bagi para pencari kerja yang terbatas pada kalangan usaha kecil dan menengah. Situs ini dibangun pada G Suite, suatu layanan dengan basis Cloud, dan memungkinkan pengusaha melacak informasi kontak kandidat dan resume. Selain itu, sarana ini juga mengizinkan mitra bisnis untuk memberikan feedback pada profil kandidat secara langsung.

Sekilas, Google Hire sangat menyerupai LinkedIn, suatu layanan pencari kerja terbesar. Bedanya, jika LinkedIn menghubungkan kandidat dengan perusahaan kelas menengah ke atas, Google Hire berfungsi untuk menyasar perusahaan kelas kecil dan menengah. Kabarnya, layanan ini telah bisa diunduh dan dimanfaatkan dengan kuota paket internet telkomsel atau provider lainnya.

Selain kemudahan dalam menyalurkan data calon karyawan, Google Hire juga menerapkan sistem wawancara online. Tentunya, baik perusahaan maupun calon karyawan bisa melakukan tanya jawab kapan saja, tanpa perlu bertemu menjadwalkan pertemuan secara langsung.

google Hire dashboard

Semua data yang disalurkan oleh Google Hire adalah data-data yang dipublikasikan secara umum oleh kandidat atau calon karyawan. Jadi, semua privasi calon karyawan tetap terjaga dengan aman.

Lalu, bagaimana cara kerja dari Google Hire ini? Cukup mudah. Bermodalkan paket internet telkomsel dari Traveloka.com, Anda cukup membuat akun dan mengisikan informasi-informasi seputar data diri Anda. Setelah itu, Anda bisa mulai mencari pekerjaan dengan mengirimkan aplikasi atau lamaran via e-mail.

E-mail yang diterima oleh perusahaan akan ditelusuri lebih lanjut. Perusahaan akan melakukan review terhadap data diri yang Anda isikan di akun Google Hire Anda. Data-data ini disalurkan melalui Google Sheet ke perusahaan. Perusahaan akan memberikan feedback pada Anda untuk melakukan wawancara secara online. Semua dilakukan hanya di satu layanan saja.

Cara perusahaan menentukan tanggal wawancara pun bukan melalui panggilan telepon, melainkan dengan sinkronisasi antara Gmail dan G Suite dengan Google Calendar. Melalui Google Calendar, semua perubahan data yang dibuat baik oleh calon karyawan maupun perusahaan akan muncul secara otomatis di Google Hire.

Layanan ini semakin memudahkan calon kandidat dengan optimalisasi fasilitas Google Search. Umumnya, ribuan pencari kerja akan memulai pencarian perusahaan melalui Google Search. Dengan memanfaatkan layanan Google Hire, waktu pencarian akan dipersingkat dengan munculnya situs-situs pencari kerja yang telah dioptimalkan oleh Google Search.

Kabarnya, sebelum resmi diluncurkan beberapa hari yang lalu, Google telah melakukan uji coba layanan Google Hire selama satu tahun. Pastinya, layanan ini pun belum sepenuhnya sempurna. Masih ada beberapa fitur yang perlu ditambahkan dan diperbarui agar bisa bekerja dengan lebih maksimal. Kabarnya, dalam waktu singkat selepas diluncurkan, Google Hire telah menuai banyak komentar positif dari perusahaan yang telah memanfaatkan layanan ini.

Namun yang perlu diperhatikan, dalam mengakses berbagai kemudahan tersebut, Anda tetap memerlukan adanya kuota paket internet telkomsel ataupun operator lainnya. Kalaupun kuota Anda hampir habis, Anda bisa segera mengisi kembali ponsel Anda dengan paket telkomsel di aplikasi Traveloka.

Baca juga : Download Aplikasi Android Melalui Pc Dengan Beberapa Keuntungannya

Dengan hadirnya Google Hire, kini perusahaan kecil atau start up tak perlu lagi merasa minder karena kalah bersaing dengan perusahaan kelas atas. Mereka pun bisa unjuk kebolehan akan keunggulan yang dimiliki masing-masing perusahaan di layanan terbaru milik Google ini.

Para pencari kerja pun tak perlu risau, terlebih bagi mereka yang pendidikannya belum memenuhi standar perusahaan kelas atas. Mereka bisa mencoba peruntungan dalam berkarier di perusahaan lainnya lewat Google Hire. Melalui layanan ini, setiap orang dengan kualifikasi apa pun memiliki kesempatan yang sama dalam merintis karier.

Jadi, segera buat akun di Google Hire dan jadilah bagian dari pesatnya perkembangan dunia digital. Tak perlu lagi berkeliling dengan membawa surat lamaran kerja, sekarang Anda bisa melakukan semua itu secara online. Sangat mudah, bukan? Semudah Anda membeli pulsa di agen travel online seperti Traveloka, berbagi data dengan Google Drive, presentasi di hadapan pemilik perusahaan lewat Skype, dan aktivitas lainnya yang kini bisa dilakukan secara online .

Google Hire, Layanan Pencari Kerja Terbaru dari Google | iTelpon | 4.5