Prosesor 10 Core Mediatek Siap Tantang Lawan – Lawannya

iTelpon – Persaingan sengit dunia gadget yang sudah mulai panas saat kemunculan android  kini mulai menjalar ke persaingan produsen komponen elektronik yaitu prosesor.

MEDIATEK

Android yang sangat populer dipasaran smartphone membuat munculnya brand – brand perangkat smartphone baru yang bahkan berani bersaing dengan harga yang sangat murah. Mau tak mau, hal ini mendorong pula para produsen komponen elektronis seperti prosesor menjadi sangat panas. Apalagi prosesor adalah salah satu komponen inti pada smartphone yang tak bisa dipisahkan.

Semakin besarnya pasar smartphone dan gadget pintar lainnya membuat para produsen komponen elektronik tak terkecuali para produsen prosesor untuk menarik Brand – brand Smartphone untuk memilih produk mereka. Salah satu produsen prosesor yang sangat banyak ditemukan di smartphone saat ini adalah Mediatek. Mediatek sebagai salah satu produsen semi konduktor di dunia tentu tidak mau main – main dalam pasar yang menggiurkan ini. Terbukti dengan mengeluarkan prosesor terbaru mereka yang memiliki jumlah core 10 bernama Helio X10.

processor helio x20

Berdasarkan informasi, Prosesor terbaru mereka ini menggunakan arsitektur CORTEX-a72. Nantinya prosesor yang mereka usung ini akan dinamakan dengan seri MT6797. Mereka mengklaim bahwa prosesor helio X20 ini mampu memberikan kinerja 40% lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya yakni Helio X10.

Berdasarkan informasi, Helio X20 ini mampu mencapai skor fantastis, yakni 70ribu dengan mengujinya menggunakan program Antutu Benchmark. Prosesor ini akan menggunakan metode arsitektur Tri Cluster CPU. Dengan desain ini, dipercaya prosesor MT6797 tidak hanya mampu memberikan tenaga yang besar, namun juga keseimbangan pada konsumsi baterai. Dengan penggunaan tenaga listrik yang efisien, maka akan membuat smartphone pengusungnya menjadi mampu hidup lebih lama lagi dalam sekali pengisian baterai.

Sayangnya, prosesor MT6797 ini belum mampu untuk dibenamkan fitur LTE-A/Cat. 6. Hal ini tentu sangat disayangkan mengingat kebutuhan akses data yang semakin cepat, kini sudah menjadi kebutuhan dimasyarakat. Seandainya prosesor tersebut mendukung koneksi LTE-A/Cat.6, maka perangkat pengusungnya akan bisa menikmati koneksi dengan kecepatan hingga 300Mbps. Tentu ketiadaan fitur ini menjadi sebuah antiklimaks melihat hebatnya performa yang dimiliki Helio X20.

Rencananya, Mediatek akan meluncurkan prosesor ini pada akhir tahun 2015 ini. Kita berharap saja, spesifikasi prosesor ini masih bisa berubah sehingga mampu mendukung koneksi LTE-A/Cat.6. Kabarnya, Brand Vivo dan Xiaomi yang sama – sama berasal dari Tiongkok, akan menggunakan prosesor ini dalam perangkatnya nanti.

Baca Juga : 

Prosesor 10 Core Mediatek Siap Tantang Lawan – Lawannya | iTelpon | 4.5